Mengenal profesi Air Traffic Control

       Mengenal profesi Air Traffic Control (ATC)

Pernahkah Anda mendengar profesi “Air Traffic Control” atau lebih sering disingkat dengan ATC ?. Jika kalian yang berkutat dalam dunia penerbangan pasti sudah tak asing lagi dengan profesi ini. Lain halnya dengan masyarakat awam yang jarang sekali mendengar atau mungkin belum pernah mendengar sama sekali profesi ini. Hal ini tentu saja di maklumi karena apabila kita menyinggung masalah penerbangan hanya profesi seorang pilot dan pramugarilah yang akan muncul di benak kita. Untuk itu mari kita berkenalan dengan profesi ini.
Air Traffic Control (ATC) atau biasa disebut Pemandu Lalu Linas Udara, tapi jangan salah profesi ini berbeda dengan tukang parkir pesawat atau sering disebut Marshaller. Keduanya jelas memiliki deskripsi pekerjaan yang berbeda. Jika seorang Marsheller bekerja  menuntun pilot pesawat terbang untuk memarkirkan pesawatnya dengan memegang stik berwarna orange yang digunakan sebagai pemberi tanda kepada pilot agar mampu memarkirkan pesawatnya tepat sasaran, lain halnya dengan seorang ATC. ATC adalah seorang yang berkomunikasi secara langsung dengan pilot menggunakan media radio maupun teks (smsan dengan pilot) untuk saling berkomunikasi satu sama lain. ATC bekerja pada ruangan tertutup yang berada di menara kontrol atau disebut Control Tower.


                                              Seorang marshaller

                                                  Seorang ATC

Tugas utama dari seorang ATC adalah untuk menjamin keselamatan operasi penerbangan serta menjaga kelancaran dan keteraturan lalu lintas udara. Caranya adalah dengan berkomunkasi secara langsung dengan pilot untuk memberikan perintah ataupun perizinan kepada pilot apabila ingin melakukan pergerakan baik di darat maupun di udara agar pesawat terhindar dari segala marabahaya seperti tabrakan antar pesawat. Jadi selama proses penerbangan mulai dari pesawat menyalakan mesin dan terbang dari suatu bandara sampai dengan landing dibandara tujuan kemudian parkir dan mematikan mesin tidak pernah terlepas dari peran seorang Air Traffic Control.


Komentar